Tgk. Husni Nazir Dirikan Rumah Tahfiz Dar Jazariy

Tgk Husni Nazir, Lc. Dpl., anggota IKAT yang juga kandidat master Ushul Fiqih di Universitas Al-Azhar, Kairo-Mesir telah mendirikan rumah tahfiz yang diberi nama Dar Jazariy di Lhoknga. Ditemui oleh redaksi Web IKAT, Tgk Husni Nazir bercerita bahwa semangat mendirikan sebuah tempat pengajian memang sudah ada sejak masih di Mesir. “Guru kami selalu berpesan agar Al-Quran itu tidak hanya dipelajari tetapi juga diajari kepada yang lain. Hal tersebut senada dengan hadis Rasulullah Saw. Hingga kami mengikuti acara yang ikut disponsori oleh IKAT, “Talk Show Inspiratif: Sinergi Ayah Bunda Mencetak Generasi Huffadh Al-Quran.” Sejak itu kami yakin, bahwa inilah waktu yang tepat untuk merealisasikan niat tersebut”.

Adapun “Dar Imam Al Jazari” adalah nama yang diadopsi dari nama ulama besar dalam Ilmu Tajwid, yaitu Imam Ibn Al-Jazari (Wafat Tahun 833 H. ). Dar Jazariy menyediakan tiga program pilihan, Tahfiz Metode Talqin, Tahfiz Metode Tasmi’ dan Tahsin. Tahfiz Metode Talqin merupakan tahfiz regular yang dijadwalkan tiga kali dalam seminggu. Para peserta akan diajak menghafal Al-Quran dengan mendengarkan dan mengikuti bacaan guru. Jadi meskipun seorang murid belum bisa membaca Al-Quran, ia sudah bisa mengikuti program ini. Karena ia hanya perlu mengulang apa yang diejakan oleh gurunya. Dengan makhraj dan tajwid yang benar.

Tahfiz Metode Tasmi’ adalah program hafalan rumahan. Seorang murid tidak menghafal Al-Quran di Dar, akan tetapi ia bisa menghafal kapan saja dan dimanapun, ia hanya datang ke Dar untuk memperdengarkan/menyetor hafalan yang sudah siap. Inilah metode yang banyak diambil oleh para mahasiswa Al-Azhar di Mesir. Meskipun mereka sibuk dengan kuliah dan berbagai kegiatan lainnya, ia masih bisa menghafal Al-Quran di waktu-waktu senggang.
Sedangkan Tahsin adalah program memperbagus bacaan Al-Quran. “Kami berniat mengajarkan langsung kitabnya Imam Ibn Al-Jazari, yaitu Matn Jazariyah. Sehingga diharapkan maklumat yang disampaikan tersusun rapi, sistematik dan tidak bercampur aduk”, tambah Tgk Husni dengan penuh semangat. Sampai saat ini Dar Jazary masih membuka pendaftaran sampai tanggal 13 Januari 2018. Peresmian Dar Jazariy akan dilangsungkan pada tanggal 14 Januari 2018. Mari bergabung menuju generasi Qurani.

Leave a Reply